Cara Merubah Alamat URL Channel Youtube

28
Cara Merubah Alamat URL Channel YouTube

Lintas8.com – Sekarang ini banyak orang yang berbondong-bondong untuk membuat channel YouTube agar dapat mengahasilkan uang dari Google Adsense. Akan tetapi persaingan untuk mendapat julmah subscriber dan jam tayang sangatlah ketat.

Ada perubahan yang dilakukan oleh youtube mengenai pembuatan URL, dulu saya pertama kali membuat channel youtube tepatnya tahun 2015. Simak juga sejarah youtube.

Agar mendapatkan subscriber dan jam tayang, seorang youtuber haruslah bisa membuat videonya selalu muncul di halaman pencarian YouTube. Untuk bisa membuat hal tersebut, seorang youtuber harus bisa membuat brand atau nama channel yang bagus dan terkenal dan mudah diingat oleh penontonnya, seperti dengn membuat Custom Url Channel YouTube.

Pengertian dari custom url channel youtube disini adalah merubah alamat url channel youtube menjadi sesuai dengan nama channel atau nama brand yang kamu miliki. Contohnya:

URL bawaan (Berbasis ID): https://www.youtube.com/channel/UCKR50CFoNwMYJ6glhezs7gA

Contoh URL Sendiri (Khusus): http://www.youtube.com/c/channellintas8com

Dengan mengganti url channel youtube dengan nama cahnnel atau brand anda, maka channel anda akan mudah untuk ditemukan. Tetapi, untuk membuat url cahnnel youtube khusus ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Syarat dan ketentuan mendapatkan URL khusus

1. Mempunyai reputasi akun yang baik.
2. Mempunyai minimal 100 subscriber lebih.
3. Channel tersebut minimal sudah berusia 30 hari (1bulan).
4. Untuk foto icon saluran sudah diisi dan telah menambahakan sampul saluran.

jika persyaratan dan ketentuan di atas sudah terpenuhi, maka anda bisa mengajukan URL khusus dengan langkah-langkah di bawah ini atau anda juga bisa melihat notifikasi khusus yang memberi tahu bahwa channel anda layak untuk custom URL dan bisa di aktifkan. Notifikasi biasanya muncul di bagian dasbor Cretor Studio.

Disana anda bisa melihat apakah URL khusus buat channel anda sudah siap di aktifkan atau belum. Anda juga harus mempersiapkan nama yang bagus untuk channel tersebut, karena mengganti url channel youtube ini hanya bisa dilakukan satu kali untuk selamanya.

Baiklah jika semua sudah terlaksana, maka cara untuk mengganti url channel youtube dengan url khusus atau brand sendiri akan kita bahas di bawah ini.

Langkah dan cara mendapatkan merubah URL Channel Youtube

1. Login ke akun channel Youtube anda.

2. Klik logo akun anda yang ada di pojok kanan atas, lalu klik “YouTube Studio (beta)”.

Cara Merubah Alamat URL Channel YouTube

3. Jika anda masih menggunakan dashboard youtube yang lama. maka ubah terlebih dahulu ke mode klasik dengan cara, klik “Creator Studio Klasik” => klik lewati.

Cara Merubah Alamat URL Channel YouTube

4. Selanjutnya, klik Channel => lanjutan => URL Kustom pilih aktifkan.

Cara Merubah Alamat URL Channel YouTube

5. Lalu, dibawah tulisan Stelan Channel, klik klaim di sini.

Cara Merubah Alamat URL Channel YouTube

6. Setelah itu, akan ada 2 pilihan. Yang ke-1 merupakan pilihan sesuai dengn nama channel anda. Sedangkan yang ke-2 anda bisa menambah kata di belakang nama channel anda. Pilih salah satu saja.

Cara Merubah Alamat URL Channel YouTube

7. Kemudian centang tulisan “saya telah membaca dan menyetujui syarat penggunaan URL kustom“. Lalu klik ubah URL. Selesai.

Selamat alamat URL channel youtube anda sudah berubah sesuai dengan nama channel atau brand yang anda mau. Dan dengan begitu channel anda akan mudah ditemukan oleh orang lain.

Jika anda masih bingung ddan tidak mengerti dengan penjelasan di atas, anda bisa menonton video dibawah ini agar lebih paham lagi cara merubah alamat url channel youtube anda ya guys.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merubah alamat URL channel YouTube. Sekian dan terimakasih.