Resep cara membuat bakso beranak dengan mudah

34
Resep cara membuat bakso beranak dengan mudah

Lintas8.com – Bakso beranak merupakan salah satu kuliner yang sudah sangat populer sekali di kalangan masyarakat, baik itu kelas bawah, menegah dan atas. Bakso referensi dari wikipedia

Bakso beranak ini hampir sama dengan bakso isi telur, karena bakso yang satu ini merupakan kuliner yang terdiri dari bahan utamanya daging, dengan ukuran yang besar dan di dalamnya terdapat bakso-bakso kecil, daging-daging-an dan lainnya yang membuat para penikmatnya kecanduan untuk selalu memakannya.

Termasuk saya juga, hehehhe

Bakso beranak ini banyak sekali dijumpai di warung-warung penjual bakso yang ada di Indonesia, Namun terkadang di suatu daerah ada juga yang tidak menjual bakso beranak ini.

Tapi kamu jangan kecewa ya, karena kamu juga bisa membuat bakso beranangk ini dirumah loh. Dengan resep bakso beranak yang akan saya bahas pada artikel ini.

Cara membuat bakso beranak menurut saya tidaklah terlalu sulit, apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso ini sangat mudah untuk di dapatkan. Karena bahan-bahannya sangat banyak tersedia di pasar tradisional yang ada.

Baiklah langsung saja ya kita bahas resep dan cara membuat bakso beranaknya disini.

Cara membuat bakso beranak

Bahan :

650 gram daging sapi
110 gram tepung sagu
1 sdt baking powder
140 gram es batu
3 siung bawang putih
4 siung bawang putih goreng
5 siung bawang merah goreng
2.5 sdt garam
1 sdt kaldu jamur
1/2 sdt merica biji

Untuk isi :

Telur puyuh rebus
Potong dadu keju cheddar
Kornet
Cabe rawit merah

Bumbu kuah bakso :

1 panci rebusan air tulang sapi
2 batang daun bawang
5 batang seledri iris halus untuk taburan

Haluskan kemudian tumis hingga harum :

5 siung bawang putih
3 buah kemiri
2 sdt merica bubuk
3 sdt garam
1 sdt kaldu jamur

Cara membuat :

1. Blender daging & es batu yang sudah dihaluskan.
2. Haluskan bawang putih, bawang merica, garam, & kaldu jamur. Masukan telur aduk rata.
3. Masukan tepung, baking powder, bumbu halus, & telur ke dalam blender berisi daging. Blender hingga tercampur rata hingga seperti pasta.
4. Panaskan air 1 panci air kaldu hingga mendidih matikan.
5. Terlebih dahulu membuat bakso kecil untuk isian baso beranak, cetak menggunakan sendok teh masukan ke dalam air mendidih.
6. Cetak adonan menggunakan mangkuk kemudian isi dengan baso kecil, keju, & telur puyuh tutup secara perlahan. kemudian masukan ke dalam panci. Rebus hingga bakso mengapung. misal kita mau buat 2 bakso beranak, sisa adonan dbuat bakso isi, isi sesuai selera dengan telur puyuh, keju, kornet, atau cabe rawit.
7. Untuk kaldu buat dari air godokan bakso. Air godokan diberi bumbu halus yang sebelumnya ditumis terlebih dahulu, aduk rata hingga mendidih. Kemudian masukan bakso beranak dan sajikan sesuai selera anda.

Demikianlah pembahasan mengenai resep cara membuat bakso beranak dengan mudah. Sekian dan terimakasih.