6 Bahaya Makan Bakso Secara Berlebihan

68
6 Bahaya Makan Bakso Secara Berlebihan

Lintas8.com – Siapa yang tidak kenal dengan bakso, ya makanan ini merupakan salah satu kuliner yang paling banyak digemari oleh semua orang. Mulai dari anak-anak, dewasa dan juga orang tua.

Bakso ini memiliki tekstur yang kenyal dan mempunyai kuah yang sangat membuat lidah ingin memakannya lebih banyak lagi. Tapi kamu juga harus tau, ada beberapa bahaya makan bakso secara berlebihan seperti bahaya saat hamil loh guys.

Bahaya makan bakso saat hamil dapat mengganggu janin yang ada di dalam kandungan kamu karena biasanya bakso mengandung bahan pengawet dan penggunaan MSG yang terlalu banyak. Agar mengurangi resiko bagi ibu hamil saat makan bakso, lebih baik untuk membuat bakso sendiri agar terjaga kebersihan dan lebih sehat.

Bahaya makan bakso secara berlebihan

Selain dari bahaya bakso boraks, dampak bahaya makan bakso secara belebihan juga jelas dapat mengganggu kesehatan, apa lagi jika pembuatan sambal dan juga cuka yang tidak higenis dapat menyebabkan gangguan pada lambung seperti sakit perut, mual, muntah bahkan beresiko untuk meningkatkan asam lambung.

Dan yang paling parahnya lagi, kamu bisa kehilangan selera memakan nasi hingga kekurangan gizi akibat kecanduan memakan bakso tersebut.

Berikut ini adalah 6 bahaya makan bakso secara berlebihan yang telah kami rangkum.

1. Iritasi pada rongga mulut

Apabila kamu memakan bakso yang menggunakan penyedap rasa berlebihan, maka hal tersebut dapat menyebabkan luka pada gusi dan sekitar rongga mulut yang menyebabkan kamu mengalami sariawan.

2. Hipertensi

Penggunakan bahan vetchin atau MSG yang berlebihan pada bakso juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar tekanan darah yang diawali dengan gejala sakit kepala dan mual-mual.

3. Gangguan sistem saraf otak

Ternyata memakan bakso secara berlebihan juga dapat menyebabkan sistem saraf otak menjadi rusak akibat terlalu banyak memakan bakso yang mengandung boraks, MSG atau penyedap rasa. Akibat kerusakan pada saraf otak ini, maka bisa menyebabkan cara berfikir anak menjadi lambat hingga dapat menurunkan kecerdasan sang anak.

4. Peningkatan Asam Lambung

Akibat memakan bakso yang mengandung cuka sambal yang tidak higenis dapat menyebabkan gangguan serius pada lambung kamu seperti sakit perut dan mual-mual bahkan dapat meningikatkan penyakit asam lambung.

5. Kehilangan nafsu makan

Jika kamu memakan bakso yang mengandung penyedap rasa secara berlebihan, maka itu dapat membuat kamu kecanduan untuk selalu memakan bakso. Sehingga kamu tidak selera lagi untuk memakan buah-buahan, sayursayuran, roti, nasi dan makanan lainnya.

6. Meyebabkan penyakit jantung

Bakso yang mengandung boraks dan formalin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah menuju jantung dan menghambat aliran darah sekitar jantung yang dapat menyebakan kinerja jantung semakin berkurang.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 bahaya makan bakso secara berlebihan. Sekian dan terimakasih.